Kamis, 24 April 2014

Saya, Mahasiswa, dan Bisnis

     Yang saya kerjakan sehari-hari sebagai seorang mahasiswa adalah memenuhi kebutuhan saya untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tahap yang lebih tinggi lagi. Saat ini saya sedang menjalani perkuliahan di semester 4 pada program studi Sistem Informasi. Program studi ini saya pilih karena minat saya pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi informasi (IT) dan dunia kewirausahaan (enterprise). Karena menurut saya, saat ini peran IT sangat penting dan mempermudah aktifitas-aktifitas manusia. Bahkan bagi sebagian orang, IT telah menjadi suatu kebutuhan. Dengan perkembangannya yang begitu cepat, membuat kita tidak akan pernah merasakan bosan dalam menggunakannya.



     Tentu saja tidak 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu saya pergunakan sepenuhnya untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban saya sebagai seorang mahasiswa, masih ada sebagian waktu lain yang bisa saya pergunakan untuk refreshing dan beristirahat, dan sebagian lain lagi masih bisa saya manfaatkan untuk berwirausaha. Berwirausaha?!

     Memang cukup sulit dan ribet apabila dibayangkan jika di satu sisi kita harus memenuhi kebutuhan kita akan menuntut ilmu, yaitu kuliah, dan di sisi lain lagi kita masih berkeinginan untuk mencoba hal baru, yakni berwirausaha. Namun hal tersebut tidak begitu sesulit dan seribet seperti apa yang Anda bayangkan apabila Anda mau mempraktekannya dengan perasaan gembira, pikiran jernih, dan disertai dengan rasa keingin-tahuan Anda yang tinggi akan kedua hal tersebut. Dengan begitu kedua hal tersebut pasti bisa anda lakukan dan manage dengan baik.

     Saya pribadi telah mempraktekan hal tersebut dan di kesempatan kali ini, yang kebetulan bertepatan dengan tugas Mata Kuliah Kewirausahaan, saya akan sedikit berbagi tips dan pengalaman mengenai waktu yang bisa saya luangkan untuk berwirausaha sambil kuliah. Tentu saja ada banyak sekali usaha (bisnis) yang bisa kita jalankan. Namun menurut saya bagi Anda yang baru mulai dari nol atau belum punya pengalaman sama sekali, bingung mau mulai darimana, dan hanya memiliki modal yang minim, bisnis online adalah konsep bisnis yang cocok untuk Anda. Karena banyak sekali keuntungan berbisnis online, diantaranya yaitu sangat kecil sekali resikonya, lebih praktis dalam masalah waktu yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan jadwal Anda, dan dengan modal sedikit bahkan tanpa modal pun anda bisa menjalankannya, yaitu Anda bisa menjualkan barang milik orang lain tentunya dengan harga Anda (Reseller & Dropshiper). Anda bisa menjalankannya langsung, bahkan jika Anda mau, penasaran, tertarik, niat ataupun butuh, setelah membaca tulisan saya ini pun Anda bisa saja langsung menyisihkan uang jajan anda atau mengambil sebagian Rupiah dari tabungan Anda untuk membeli sepatu di DTC dan menjualnya di Kaskus, Tokobagus, Berniaga, dan situs jual beli lainnya.



     Saya pribadi saat ini tengah menjalankan bisnis online. Barang yang saya pilih untuk di jual adalah jilbab & mukenah. Mengapa jilbab dan mukenah? Karena saya perhatikan di sekitar saya baik di lingkungan rumah maupun kampus, banyak sekali yang memakai jilbab, bahkan teman-teman sekolah saya yang dulunya belum berjilbab, baru-baru ini banyak yang telah berjilbab (Alhamdulillah). Dari pengamatan saya tersebut saya bisa melihat adanya ceruk pasar. Untuk meminimalisir pengeluaran, saya memasarkan produk-produk saya melalui media Blog (Wordpress) dan Blackberry Messenger (BBM), yang bisa dibilang cukup irit, karena yang dibutuhkan hanya paket internetan per-bulannya.

     Saat ini jadwal kuliah saya hari Senin-Jumat dari pukul 07.00-16.00. Sedangkan hari Selasa, Sabtu, dan Minggu libur. Hari Senin-Jumat itu pun tidak Full dari pagi sampai sore, masih ada waktu jeda yang bisa saya pergunakan untuk mengerjakan tugas dan belajar. Jadi, dalam seminggu waktu yang saya butuhkan murni untuk kuliah dari Senin-Jumat pukul 07.00-16.00, kecuali Selasa. Waktu yang bisa saya luangkan untuk berwirausaha adalah Selasa dan Sabtu. Hari tersebut bisa saya manfaatkan untuk belanja barang, update blog, dan kirim-kirim barang. Jadi, yang harus saya lakukan adalah membuat peraturan dalam online shop saya bahwa dalam seminggu jadwal kirim-mengirim barang dilakukan setiap hari Selasa dan Sabtu. Untuk mencegah adanya resiko penipuan, saya juga membuat peraturan, transfer minimal H-1 sebelum hari pengiriman, apabila lebih berarti ikut pengiriman selanjutnya. Sisanya, yaitu hari Minggu, bisa saya manfaatkan untuk refreshing dan beristirahat.

     Dari pengalaman saya tersebut bisa di tarik kesimpulan, sebenarnya kuliah sambil berwirausaha itu sangat mungkin saja dan cukup mudah. Kuliah merupakan kebutuhan bagi kita, namun bukan berarti hal tersebut menjadi alasan bagi kita untuk mencoba hal-hal baru yang bermanfaat lainnya, seperti berwirausaha. Tinggal perkara bagaimana Anda mau mengubah jam santai dan bermalas-malasan Anda, menjadi jam bereksperimen, contohnya seperti jam berwirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar