Kamis, 20 September 2012

Peran Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari


Peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia. Teknologi sendiri saat ini telah menjadi suatu trend, style, dan gaya hidup bagi kita. Bahkan teknologi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Hal ini bisa di lihat dari orang-orang di sekitar kita dalam kehidupan mereka sehari-hari yang selalu memanfaatkan teknologi untuk segala kepentingan-kepentingan dan kebutuhan-kebutuhan mereka dengan tujuan untuk membantu, mempermudah , dan mempercepat itu semua, bahkan kita sendiri pun demikian. Jadi, peran teknologi dalam kehidupan manusia saat ini telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. Banyak sekali manfaat dari teknologi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.
Begitu pula dengan saya, teknologi telah begitu berperan untuk mempermudah kegiatan-kegiatan saya sehari-hari. Sebagai contoh, Handphone adalah sebuah teknologi yang mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan seseorang dari jarak jauh. Dari fungsinya yang demikian sehari-hari  saya merasa begitu terbantu sekali apabila ingin berkomunikasi dengan seseorang walaupun jarak orang tersebut bisa dikatakan cukup jauh dari diri kita. Dulu fungsi dari handphone adalah hanya untuk menelepon dan sms saja, tetapi saat ini fungsi dari suatu handphone telah lebih dari itu. Saat ini hampir setiap hanphone memiliki fitur pemutar musik, yang tidak lain fungsinya adalah sebagai penghibur. Masih banyak fitur lainnya yang ditawarkan oleh berbagai vendor handphone tersebut, seperti game yang menarik, kamera beresolusi tinggi, bentuk yang “aneh”, business card scanner, push email, wifi, sampai pada bahan dari handphone tersebut bisa dipesan sendiri oleh pembelinya yang ingin tampil beda seperti yang ditawarkan oleh Vertu, dimana pembeli bisa memilih bahan yang diinginkan dari untuk handphonenya, yang bisa terbuat dari batu ruby ataupun berlian, produk ini benar-benar merupakan sebuah handmade. Dengan kata lain, handphone adalah ekspresi dari diri pengguna handphone tersebut. Selain handphone, ada juga laptop. Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptorA/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen. Saat ini muncul fenomena dimana handphone diciptakan untuk menjadi  computer dan  computer diciptakan untuk menjadi handphone. Mengapa? Karena produsen handphone menawarkan produk yang ingin membuat para customernya bisa menikmati handphone yang fiturnya bisa sebagai entertain sekaligus alat untuk mencatat berbagai keperluan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Sedangkan laptop dirancang sedemikian kecil dan ringan namun tetap mempertahankan fungsi utamanya.
Peranan lainnya, dapat kita jumpai dengan mudah dalam hal memperoleh informasi. Kita bisa dengan mudah dan cepat untuk memperoleh informasi apapun dari internet. Selain informasi kita juga bisa berkomunikasi dengan menggunakan internet. Sebelum internet menjadi terkenal dan mudah diakses, komunikasi jarak jauh hanya bisa lewat surat, telepon dan sms. sehubungan dengan murah dan mudahnya mengakses internet, komunikasi melalui surat menjadi tersingkirkan. Di zaman sekarang, dengan mudahnya masyarakat bisa mendapatkan layanan internet. Banyak penyedia layanan internet menawarkan layanan mereka dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Warung Internet ( warnet ) pun sudah semakin banyak didirikan. Semua itu dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakt akan jasa layanan internet. Banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dari internet. Kita dapat memproleh informasi tentang segala sesuatu yang kita inginkan melalui internet. Dengan internet, kita dapat memperoleh perkemangan berita lebih cepat, informasi lowongan kerja, informasi teknologi terbaru, untuk tukar pendapat dengan orang lain, untuk berkomunikasi dengan teman atuau saudara yang jauh jaraknya, dan lain sebagainya. Secara umum, manfaat internet bagi mayarakat yaitu dapat menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan informasi dunia luar. Manfaat internet bagi pelajar adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas, dan sangat luas. Tidak terbatas pada buku, guru atau sekolah. Di internet pelajar bisa memperoleh semua informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah, tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan monitor. Keterbatasan waktu dan pelajaran yang disampaikan guru di sekolah bisa teratasi dengan solusi dari internet. Banyak informasi yang bisa kita dapat khususnya bagi pelajar dan masyarakat luas pada umumnya. Tetang kemajuan teknologi terkini negara lain misalnya atau kemajuan komunikasi dan lainnya. Semua bisa bermanfaat bagi pelajar.
Itu adalah sebagian kecil peran dari teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari. Masih banyak lagi peran dari teknologi-teknologi yang lain lagi. Saat ini perannya bisa di katakan sudah cukup membantu dan mempermudah kehidupan kita. Namun, peran teknologi  di masa ini tentunya akan tersaingi oleh peran teknologi-teknologi di masa depan yang semakin canggih, mutakhir, dan tentunya akan mempermudah segala macam pekerjaan-pekerjaan kita. Karena setiap hari zaman kita akan semakin maju, sehingga akan membuat setiap orang berpikir lebih kreatif dan cerdas lagi menemukan inovasi-inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam dunia teknologi.

2 komentar: